.

Friday, November 30, 2012

Bismillah

? Handhika Satrio Ramadhan Hatta adalah penganut setia dan penganjur prinsip Sosialisme sepanjang hidupnya. Sebagaimana para aktivis pergerakan nasional lainnya, beliau di masa mudanya punning terinspirasi oleh gagasan-gagasan Marx. Tetapi beliau bukanlah orang yg membungkuk kepada Stalin. Beliau adalah seorang socialism-inspired nasionalist, seorang kiri, tetapi bukan komunis! Bahkan, hubungan antara Hatta dengan PKI tidaklah pernah mesra. Bagi PKI, beliau adalah musuh besar nya. Konon menurut sebuah sumber (yg perlu diklarifikasi lebih lanjut kebenarannya), nama Hatta sempat termasuk ke dalam daftar orang-orang yg patut diculik dalam Gerakan 30 September. Hanya karena Aidit merasa hormat dengan beliau lah maka namanya dicoret dari daftar maut tersebut. Sebagian sejarawan berpendapat bahwa konflik Hatta vs PKI dimulai ketika Hatta, yg pada tahun 1948 menjabat sebagai Perdana Menteri sekaligus Menteri Pertahanan, sukses menumpas pemberontakan PKI Madiun. Kesediaan beliau menjadi PM dan MenHan pada waktu itu sendiri sebenarnya merupakan anugerah sejarah bagi bangsa Indonesia, karena meskipun Presiden Sukarno menawarkan jabatan ini kepada beberapa orang, tidak ada dari mereka yg mau menerima.
Ordercustompaper.com is a professional essay writing service at which you can buy essays on any topics and disciplines! All custom essays are written by professional writers!
Situasi dalam negeri republik di tahun 1948 pasca persetujuan Renville waktu itu sangat keruhnya sehingga tak ada seorang pun yg sanggup menerima tantangan jabatan MenHan. Bahkan Sri Sultan IX pun menyatakan tidak sanggup. Di tangan Hatta, program restrukturisasi dan reorganisasi TNI sukses dijalankan, dan provokasi FDR yg kemudian menjelma menjadi pemerintahan Sovyet Indonesia di Madiun sebagai ekses politik dari persetujuan Renville berhasil ditumpas. Jelas gagalnya Madiun Affair ini membuat hampir seluruh aktivis PKI menaruh dendam kesumat pada Hatta. Tetapi sebenarnya, kedongkolan PKI terhadap Hatta berumur lebih tua dari peristiwa Madiun 1948. Ia bisa ditarik ke belakang 22 tahun sebelum Madiun Affair meletus, ke tahun 1926. Di tahun tersebut, tidak banyak... If you want to deject a full essay, order it on our website: Ordercustompaper.com

Ordercustompaper.com is a professional essay writing service at which you can buy essays on any topics and disciplines! All custom essays are written by professional writers!

No comments:

Post a Comment